Aku berikan Pundakku…

Langit kota palembang sore itu berawan, Jembatan Ampera sebagai Permata Musi terbentang gagah menopang lajunya ribuan kendaraan yang tanpa henti menggilas tubuhnya. Didalam mobil travel duduk disamping saya seorang ibu-ibu yang mengenakan kerudung, mungkin usianya sekitar 58 th. Dari raut wajahnya jelas ia terlihat lelah.
Pukul 18.21 mobil travel berhenti di Stasiun pengisisian BBM, sayup-sayup terdengar suara adzan berkumandang, saya mengambil sebotol air minum dan menegguknya 3x…Alhamdulillah… lalu ibu disebelah saya berkata

Ibu : Puasa ya dek ?
Saya : Alhamdulillah iya bu
Ibu :Kalau dalam perjalanan jauh, puasa tidak diwajibkan
Saya : Perjalanan ini tidak berat kok bu, silahkan rotinya bu… jawab saya sambil menawarkan sebungkus roti kepadanya.
Ibu : Iya terimakasih jawab si ibu sambil tersenyum

Perjalanan tinggal 3 jam lagi, bosan rasanya saya di dalam travel ini, berkali-kali saya mencoba memejamkan mata berkali-kali juga saya gagal untuk terlelap. Sementara ibu disebelah saya terlihat mulai mengantuk, kepalanya turun naik, miring kanan miring kiri dan tiba-tiba ” Plukk…” kepalanya mendarat dan tersandar di pundak saya. Saya dalam keadaan terdesak dan bingung, lewat 15 menit si ibu ga sadar-sadar juga kalau kepalanya numpang, semakin lama pundak saya terasa pegal, apalagi jika mobil sedang menikung kearah kiri beban tubuh si ibu yang cukup gemuk semakin membuat saya terhimpit. Tidak terasa sudah 1 jam, dan kepala si ibu tidak beranjak dari pundak saya, malah si ibu tampak tambah nyaman dan lelap “Oohhh…”

Namun saat itu juga saya tersadar dan berucap ” Astagfirullah….” saya jadi teringat Ibu dirumah . Ibu mengandung saya sejak usia sepersekian detik hingga 9 bulan dalam perutnya, selama itu juga ibu saya merasakan pegal, mual, mules, berjuang antara hidup dan mati, tapi toh ia berhasil melahirkan dan membesarkan saya bersama saudara-saudara saya yang lain. Lalu kenapa hanya menopang kepala seorang ibu di pundak dalam waktu 1 jam saya tidak bisa dan mengeluh ? Akhirnya saya mebiarkan kepala si ibu bersandar di pundak saya, sampai si ibu tersadar dan melhat jam di HP nya, pukul 21.30… yah 2 jam setengah dia tertidur di pundak saya…

95 Responses to Aku berikan Pundakku…

  1. Nike says:

    klo cewe manis dan bukan ibu-ibu gimana Pak?

    ga perlu mikir 2 kali kah?😀

  2. itikkecil says:

    itung-itung beramal😉

  3. rayearth2601 says:

    iya mas…sabar mas…

    beramal…

    hehe

  4. Tuyi says:

    Yang penting ikhlas Mas…InsyaAllah Barokah..

  5. boyin says:

    saya pernah mas di bus juga cuman untungnya PRT yang mukanya lebih dari lumayan…sukuurrr..

  6. itu sebuah kiasan atau bukan yaks ??

  7. annosmile says:

    perbuatan mulia mas
    semoga ikhlas dan bermanfaat bagi orang lain

  8. ainulfahmi says:

    wah ceritanya so suit banget ya!!!!!
    mother forever!!!!
    (^_^)

  9. 2 jam ? wah …. masnya sabar banget🙂

  10. chandra61 says:

    alhamdullilah… itu pahala yang akan menghantar kesurga kelak…
    iklas kan?????
    lam kenal SEMANGAT

  11. udienroy says:

    😀😀 saya jadi ingat waktu pulang ke jawa dahulu kala, saya duduk di bangku paling buntut, mobil sudah berjalan beberapa jam, tiba2 ada suami istri ikut umpang, karna semua bangku sudah sempit akhirnya ke 2 pasangan ini duduk terpisah, yang suami duduk di depan sana, ntah sama siapa, yang istrinya duduk dempet dengan saya,

  12. peluangku says:

    untung, ibu nya cukup gemuk,..mas
    klo gemuk beneran……..
    kan ..masih untung

  13. radesya says:

    Kak, waktu ibu itu bangun bilang terima kasih apa nggak? Bilang maaf apa nggak?
    Kalau nggak aku yg mewakili ya
    “nak, maaf ibu tidak sengaja, terima kasih telah meminjamkan pundaknya, semoga Alloh membalas kebaikan kamu nak”

  14. indra1082 says:

    Ibu-Ibu juga kan Cewek..hehehehe

  15. nie says:

    ada yg lain setelah membaca tulisan ini. jadi kangen ibu dirumah..

  16. abindut says:

    Ya memang gitu, kalau ibu-ibu tua aja terkadang menggerutu, tapi kalau pas cewek cantik ada disebelah, malah berharap kapan ya di bisa tidur dipundak saya😀

  17. edratna says:

    Jika sejak awal ibu itu seorang gadis manis, pasti malah seneng banget ya…syukurlah akhirnya niat baik yang memenangkan…

  18. Huang says:

    mungkin, pundakmu itu hangat dan nyaman…

  19. thevemo™ says:

    Coba ibu2nya masih muda mas?

    Hitung hitung beramal…apalagi kan puasa?

    Perjalanan ke mana kang?

  20. Krishna says:

    salut, mudah2an amalnya di terima, hehehe..

    salam kenal ya🙂

  21. cebong ipiet says:

    sabar ikhlas.. sekecil apapun itu kebaikan

  22. kahfinyster says:

    ikhlas aje bang,,hhe,,

    daftar ibsn yuk di sini,, trus logonya ambil di sini,,

    berbagi tak pernah rugi,,salam ibsn,,

  23. emfajar says:

    iya mas sabar kan ini itungannya beramal🙂

    apalagi lagi puasa kan🙂

  24. easy says:

    kapan-kapan boleh pinjem bahunya ya😀

  25. nina says:

    untung cepat ingat ibunya,k-lo ngga bisa lewat deh bonus pahalanya…yg penting ihklaskan mas koko minjemin bahunya..(^_^)

  26. Taktiku says:

    wah jadi inget orang yang ceramah singkat di bis nih😀

  27. sungguh, mas koko telah berbuat yang terbaik ketika membiarkan kepala si ibu bersandar di pundak mas koko. ibu, siapa pun dia, telah memiliki jasa besar buat generasi masa depan negeri in. salam kreatif!

  28. hes says:

    .. itung-itung berkah perjalanan ya.
    amal baik pasti di ganjar yang baik pula🙂

  29. wennyaulia says:

    wew,,pasti pegel tuh:mrgreen:
    tp ndakpapalah, sapa tau ibu itu punya anak perempuan cantik dan sholehah😀

  30. susmakcebok says:

    blognya bagus nih terhadap orang yang lebih tua kita harus menghormatinya lam knl ya susmakcebok

  31. ayahshiva says:

    itung2 menolong ibu sendiri

  32. Yuyun says:

    te o pe deh.
    mas koko memang yang terbaik!..😀

    kelak akan ada orang lain yang menolong ibu mas koko juga.. amiinn… 🙂

  33. paijos says:

    apa yg kita berikan dengan ikhlas, insya allah pasti kembali kpd kita. ntah nanti pada anak kita, istri kita ataupun cucu kita.

  34. kenuzi50 says:

    mas, koko. Oke, buanget tuh. nanya nih : kalau yang bersendernya gadis usia 20an gimana mas….. he..he…😀

  35. ichaawe says:

    hehehe mas koko iniiii…
    coba kalo ewek cantik..lgsg deh loncat2 kegirangan…
    hihihi…
    salut jg siy ama ibu itu …bs tidur senyenyak itu..sampe ga nyadar kepalanya tidur dipundak orang.

  36. buat saya pundaknya ya mas!!

  37. geRrilyawan says:

    mantap deh mas koko…
    namanya kan berbagi mas…berbagi pundak. tapi habis gitu nggak minta uang sewa pundak kan hehehe…

  38. duniafannie says:

    sip deh, mas.
    kapan2 pinjem pundaknya kalo naek travel ya.
    hehehe😛

    *inspiring*

  39. cahayadihati says:

    sekecil apapun itu bila diberikan dengan ikhlas akan mendatangkan berkat🙂
    bisa pinjam pundakknya pak? saya ngantuk nich??😀

  40. INDAHREPHI says:

    biar ga risih, anggaplah yg tidur di bahumu itu ibumu sendiri mas koko..walo ibu itu..berat! ehehe…
    semangat ya mas koko..selagi kita ikhlas, insyaallah barokah🙂

  41. siwi says:

    Boleh pinjam pundaknya ga?
    Give me shoulder to cry on..
    *gubrak*😛

  42. alin says:

    pak khotop emang top😉

  43. Yari NK says:

    Wah itu sih belum apa2…. dulu saya pernah di perjalanan Jakarta-Semarang di dalam bis, ada bapak2 tidur di sebelahku (hampir menyentuh pundakku tapi belum untungnya……), sambil mulutnya menganga pula, untung nggak ngiler…. huehehehe……..

  44. tyan says:

    Mas kok dapet award dari tyan coz dah baik sama semua orang . Awardnya ambil di http://tyanjogjack.wordpress.com/2009/01/22/award-kwak/ ya…

  45. abang……..selamat siang tetap semangat ya
    salam persahabatan penuh kehangatan selalu

  46. Gelandangan says:

    amalan besar tuh mas
    apa lagi ibu2nya puasa😀

  47. bonk 181 says:

    jadi kangen juga sama ibu di rumah! pulang kerja langsung minta uang! he he he!

  48. casual cutie says:

    hmm…nih ta kasi pinjam pundak casual cutie buat mas koko nangis…huhuhu…tp jgn ileran ya..sayang nih casual cutie lg pake baju baru…

  49. aRai says:

    anjrit pertama baca kiran ga menuju ke ibu … bikin sedih aja ah inget ma ibu di rumah

  50. goenoeng says:

    dua setengah jam meminjamkan pundak. semoga menjadi secangkir kopi di surga, kawan.

  51. ria says:

    you’re so kindnessssssss😉
    i love my mom too ^^

  52. Beruntung si ibu punya teman perjalanan yang ikhlas…..

  53. dyatmika says:

    kejadian nyata ya? kalo bener salut deh

  54. aQ ingat waktu SMA, di angkot ada cow kayaknya ngantuk banget, brp kali hampir tertidur dipundakQ..dan brp kali jg hanpir terjatuh ke lantai..hahaha..tp dia tahan sambil terus2 minta maaf..hahah..
    mksh y udah mampir k blogQ
    salam kenal

  55. Danta says:

    Jadi inget ibu..

  56. zoel says:

    hehehehe saya sich pengalamannya malah pas dlm bus sengaja githu nyandar ma bahu cewek yg duduk disebelah ajakaka

  57. Bet says:

    wah perlu di contoh sikap kesabaran anda habat

    orang sabar disayang tuhan

  58. Edi Psw says:

    Ya harus begitulah perlakuan kita kepada ibu.

  59. cyperus says:

    salam kenal…

    mmm… semua harus diberikan…

  60. Paluhlimbuy says:

    Lam kenal yow…
    Ibu adalah segalanya…

  61. rice2gold says:

    ah si mas !!! kalo pundak cewek mah berjam-jam hayoo bae…….

  62. departa says:

    sangat mulai banget,mudah-mudahan semua itu dilakukan dengan tulus.😀
    Terima kasih sudah mampir dirumahq,ditunggu kunjungan2 lagi😀

  63. grubik says:

    Ngamal.. Ngamal..

  64. ardhie says:

    perbuatan mulia…sedekah pundak toh mas🙂

  65. latqueire says:

    sesungguhnya.. malaikat mencatat semua amalan baik seseorang..

  66. JinX says:

    saluuuuuuuutttttttttttt……….🙂

  67. uni says:

    waaah, salut ^_^

  68. julie says:

    wadoooh dahbanyak kali yang komen niii
    aku sebagai ibu2 muda merasa gimanaaa getoo

  69. chic says:

    ooh baiknyaaaaa…:mrgreen:

  70. dandoenk says:

    pundak yang beruntung…. jd bs beramal dg pundak, biasanya jarang kan pundakdigunakan utk beramal😀

  71. isnuansa says:

    hmmm, kalo saya yang jadi ibu itu, gimana?

  72. Kaka says:

    semoga ikhlas ya

  73. babacilukba says:

    waduuuh, mas koko ternyata romantis banget yah? eeh salah… baik banget…

  74. N`sun says:

    haahha..
    tau aja tuh nike
    btw mantap jg neh pak yg ksh koment byk be

  75. Ranny says:

    wah….wah….wah…kemungkinan pulang sekali ini cewek cantik pak…

  76. juliach says:

    Sediakan pundakmu buat aku tidur… wakakakakak… enggak ah… enakan pundak Zo lebih empuk berdaging!

  77. jadul says:

    pundak sy bau mas, maklum jarang mandi

  78. tukyman says:

    hari sabtu gak ada gawean, akhirnya aku ya ngeblog jalan satu satunya🙂
    + ninggalin bekas

  79. windrey says:

    Huhuhu.. Yg ptg ikhlas kan maskoko..
    Tp aq yakin si ibu kenakan tdur krn pundaknya nyaman. Hehe.
    Thanx dah mampier..

  80. khofia says:

    dalam banget, pak. salah satu kedurhakaan kita sebagai anak adalah tidak mau berkorban barang sedikit saja buat orang tua kita. padahal, orang tua kita mau berkorban apapun dan melakukan apapun hanya demi memenuhi permintaan kita.

    saya juga jadi malu sama ib dan bapak saya, karena mereka selalu melakukan apapun yang saya minta, tapi saya tidak melakukan yang sebaliknya.

    semoga ayah dan ibunda kita masih diberikan kesehatan dan umur panjang, agar kita selaku anak bisa berbakti dan berkorban demi kebahagiaan mereka

  81. jafis says:

    sebuah tulisan yang bisa menjadi inspirator bagi orang lain untuk peka terhadap kepedulian terhadap sesama….

    *terharu mode “on”

  82. yodama says:

    The more u give, the more u get.🙂

  83. soulharmony says:

    bisa buat nyandar donk

  84. ernalilis says:

    Everyone need a shoulder to cry on….

    Ehmm semoga Mas Koko juga memberikan pundakny to cry on bukan saja buat tidur…

  85. anderwedz says:

    Begitu mulia nya dirimu Mas…

  86. berbahagialah orangtua mas koko…, punya anak seperti ini..

  87. Hejis says:

    Gak sembarang pundak bisa disandari dengan nyaman lho, mas!😀

  88. sakobaru says:

    maskoko…mampirin sakobaro,
    dan tlg dibantu..ya :))

  89. marshmallow says:

    *ngikik baca komentar mas hejis*
    bener, mas koko. nggak sembarang pundak nyaman buat disandari loh.
    ini maksudnya, hanya pundak orang ikhlas yang bisa bikin seorang ibu 58 tahun tertidur lelap.

  90. Ade says:

    Touchy bgt mas
    Thx

  91. Ayam Cinta says:

    ko jadi inget lagu shoulder to cry on nya tommy page ya?
    Hehehehe…..

  92. Benedict Agung Widyatmoko says:

    Karena kemuliaan seorang ibu, perintah Tuhan menempatkan hormat kepada ibu di urutan kedua : setelah hormatilah Tuhanmu, baru kemudian ibu dan bapakmu🙂

    Salam hangat
    Ben

    http://benagewe.blogdetik.com
    http://benedikawidyatmoko.wordpress.com

  93. abidzare says:

    orang ikhlash disayang tuhan katanya mas..

    blognya rame mas. giman biar bisa kaya gitu..

    visit me

    http://www.abidzare.wordpress.com

  94. Useful info. Fortunate me I discovered your web site by accident, and I am shocked why this twist of fate did not came about in advance! I bookmarked it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: