Saat mobil mulai bergerak…beberapa kali terdengar suara batuk-batuk dari kursi bagian belakang, jujur saja saya terganggu. Perlahan saya menoleh kebelakang, seorang ibu tampak menutupi mulutnya dengan sapu tangan sambil berusaha menahan batuk yang sudah sampai dipangkal kerongkongan. Sekejap dua pasang mata kami beradu…sedikit hati saya terasa berdenyut, saya tidak tahu kenapa. Malam itu pukul 23.17 saya dan orang-orang yang ada di dalam mobil mempunyai tujuan yang sama, menuju kota Palembang. Pukul 23.30 mobil sampai di pool, semua orang diturunkan untuk memisahkan penumpang mobil AC dan Non AC.
Saat semua orang turun saya lihat ibu yang ada dibelakang saya tidak bergerak sama sekali dan tidak berusaha untuk ikut turun bersama penumpang yang lain. Perlahan saya coba bertanya …
Saya : Ga’ turun bu ?
Ibu : ( terdiam…) hanya senyum sedikit dan menggelengkan kepala
Saya : Kita mau ganti mobil bu…
Ibu : (diam lagi ) hanya menyorongkan tangan tanda mempersilahkan saya saja yang turun
Saya pun segera turun untuk registrasi tiket dan berganti mobil, sambil menunggu mobil berangkat saya duduk di kursi tunggu tepat di belakang mobil saya dan ibu tadi. Petugas loket pun segera mengabsen seluruh penumpang satu persatu, saat menyebut nama seorang wanita petugas loket kebingungan karena orang yang dipanggil tidak ada, beberapa kali dia memanggil tapi tetap tidak ada jawaban sampai akhirnya terdengar suara serak disertai batuk dari balik kaca mobil “saya pak…” ternyata ibu yang dibelakang saya tadi yang menjawab. Terlihat wajah petugas loket kurang senang dan ngomel-ngomel sambil berkata “Lain kali turun dulu bu, absen dulu …” Setelah selesai absen selanjutnya petugas loket menaikkan barang-barang penumpang ke bagasi belakang.
Saat bagasi belakang dibuka saya kaget dan tersadar sambil mengucap “Astagfirullah….” saya terdiam sejenak…hati saya berdebar kencang…ingin rasanya saat itu juga saya beranjak berdiri menemui ibu tadi dan mengucapkan satu kata …”Maaf…”
Tahukah sahabat apa yang saya lihat di bagasi itu ? sebuah Kursi Roda… dan saya tahu kenapa ibu itu tidak beranjak turun dari mobil, dan seandainya petugas loket itu juga sadar mungkin dia juga mempunyai perasaan yang sama seperti saya…
jadi dibantuin ga pak?
bantuin atuh pak…. kasian kan…
Terkadang kita suka berburuk sangka dengan orang lain.. Nice story Mas
sabar sabar
si petugas loket itu pasti langsung disergap rasa bersalah,,,
mungkin sebuah pesan kali mas 😀
untuk STOP DISKRIMINASI PENYANDANG CACAT 😀
maaf .., adalah sesuatu yang terpuji
suatu kesadaran atas kesalahan yang dilakukan ….dan suatu ungkapan keinginan emperbaiki kekeliruan dan kesalahan.
kisah nyata…..tuh pak…
hmmmm….inspiring
sbg makhluk yg dhaif kita memang srng
terburu2 menyimpulkan sesuatu
tanpa mencermati trlbh dahulu secara mendalam
fakta yg sebenarnya….thanks bro 🙂
hmmm…
kenapa ibu ituh tak bilan9?kenapa sendirian?
jadi nda te9a..
tenang….tenang itu cuma cerita kok!!!
Kalo dulu aan cerita kebalikan yang lucu :). tapi kasihan liat tuh ibu ya
Yg naikin ibu ke mobil trus masukin kursi roda beliau ke bagasi siapa? 😕
ibunya bikin penasaran aja..
apakah ibu itu juga lagi terserang batuk menahun?
dibeliin obat dong pak..heheheh
hiyah emg kdg kita keburu negetip tingking
smw bs diambil pelajaran
hmm.. *manggut-manggut*
naek travel apaan mas koko..trs di palembangnya dimana..mana tau deket sm rumah ortuku…hikss
Kok anaknya gak ada yang mengantar ya……berani bener ibu itu pergi sendirian…..tapi dibantuin turun kan mas…..
semoga saya termasuk orang yang dapat dengan mudah diingatkan oleh hal-hal kecil yang menyentuh…
terima kasih..
ibunya kok gak bilang…
wah..pasti hatinya langsung jadi ga enak..
thx uda share. bagus buat bahan refleksian.
bukannya itu bukan kesalahan bapak?
karena bapak tidak tau..
dan ketidaktahuan itu (imho) salah satu rukhsah..
🙂
kadang kita berucap tanpa mikir (kayak diriku)
sering kita menyalahkan lidah yg tak bertulang
padahal semua ucapan adalah refleksi dari hati kita
…
kasian ibu itu…
si ibu mgkn malu dgn kondisi spt itu ya. jd dia diam saja wlpun dihardik petugas
kt hrs bs ngontrol emosi. ga tau apa2 udah hardik org seenaknya..kasian kan si ibu
Ya Allah… Trkdang kita gak tau sdang brhdpan dngn siapa… Kmna kluarga ibu itu? Sya pun brdbar kncang ktika mmbaca klimat trkhir yg mas crtkan…
berburuk sangka adalah salah satu sifat yang harus dijauhi..
mm…. emang sedikit susah sih, sbnrnya disini kasusnya klo menurut saya salah smua, pertama. kenapa ibu itu tidak terus terang saja kalau dia pake kursi roda, jadi orang lain kan akan tau sendiri dan tidak bakal maksa si ibu untuk turun, trus bagi kita yg tidak tau, ya wajar sih? namnya juga tidak tahu… jadi harap dimaklumi aja.. tetep setelah tau emang bagusnya minta maaf, dan harusnya ibu itu juga sadar diri, apasalahnya jawab klo dia pake kursi roda, mungkin orang yg menyapanya lebih sedikit ramah, bahkan lebih peduli akan kondisinya,ya kan
hmm… orang-orang yang “kurang beruntung itu” lebih menderita di negeri ini karena tak mendapat fasilitas khusus.
Ya Allah tabahkanlah mereka dari cobaan yang Kau berikan..
http://mardikurniawan.blogspot.com/2008/12/segeralah-bersyukur-kepada-tuhah.html
Kita memang sering salah mengambil kesimpulan dan memberi penilaian secara sepintas
http://mardikurniawan.blogspot.com/2008/12/segeralah-bersyukur-kepada-tuhah.html
Kita jgn pernah malu mengucapkan kata maaf . Sbb jika itu tdk kita ucapka, maka pertanggungjawabannya di akhirat…
Satu hal lagi, kita jgn segan-segan mengucapkan salam atau Assalamualaikum, kepada semua orang..
Opzz, satu lagi. Ucapkan terima kasih, jika mendapatkan kebaikan dari orang lain
nah, satu pelajaran lagi. agar kita bisa lebih teliti dan perhatian lebih terhadap segala sesuatu.
terus.. beliau ditinggal dong?.. di banguin gak tuh mas??
…..
dalam banget ya
saya jadi belajar kalau kita mesti lebih peka dengan orang sekitar
Nah yang membantu mendudukan si ibu ke kursi siapa mas?
nice story….belajar jangan suka berburuk sangka 😀
suruh aja tuh si petugas loketnya ngeliat kursi rodanya, biar tau.. 😥
Hikss…, aku jadi sedih
*mengusap air mata
mas link mas sudah aku pasang !!!!
link balik ya!!!!
wahhh masa ibu itu bepergian sendiri sihh..
😦
waa~ memang kebanyakan dari kita emosi dulu yang maju, tanpa mau menyelidiki sebab-musabab terlebih dulu… suruh petugas tiketnya liat dong pak…
Kita memang tak boleh diskriminasi pada penyandang paraplegia….dan ibu tadi akhirnya dibantu nggak mas?
cobalah pandang diri kita dari cara pamdang orang lain…pasti ketemu jawabannya….BAGUI YANG MAU “BERUNTUNG DISINI ada jawabannya….selengkapnya…
baca cerita nya aku jadi suka teringat
kalo aku dulu suka naik bis untuk perjalanan
yang jauh…..
nice story bro
Kesan pertama sama seseorang itu menentukan langkah selanjutnya.
kisah yg bagus…bener2 kagum ama ibu itu, udah tahu ngga bisa jalan tapi tetap tegar, patut diteladani.
tp eh gimana caranya ibu itu masuk ke dalam mobil?
ada baiknya kita minta tolong sama orang lain jika sudah benar-benar nggak mampu mengerjakannya sendiri 😉
hmmm manusia kan sifat nya khilaf,, klau dari awal dah tau kan g’ kejadian
mengharukan.
ibu yang begitu sabar.
kenapa ya bepergian sendirian, sementara kondisinya seperti itu???
emmm
mudah2an beliau ada yang membantu menaikkannya di atas kursi roda itu… kemanakah anak atau kerabatnya??
kadang mata kita dapat membutakan mata hati…dan membuat kita terlalu cepat mengambil keseimpulan.
Renugan yang sangat menarik!
Selamat menikmati akhir pekab yang membahagiakan,Maskoko!
kadang kita tidak memperhatikan sesuatu yang ada disekitar kita ^_^
Sudah sifat dasar manusia buat berpikir negatif dulu terhadap sesuatu. Untung gw ayam! Whehehehehe
aku tunggu postingan barunya!!!!
met tahun baru!!!!!
SEMANGAT!!tu kunci hidup qt,,nyambung ga sich,,hee_^
Terus terang cerita itu seperti menampar perasaan saya, mas. Lha diri ini masih saja sesekali keluar egoismenya. Contoh yang mengguncang kesadaran. Thanks bro! 😀
I in addition to my pals have already been going through the best hints located on your web page and then at once developed a horrible feeling I had not thanked you for those techniques. The people are already as a result stimulated to study them and have now in reality been tapping into these things. Many thanks for really being quite helpful and then for going for certain fine useful guides millions of individuals are really desperate to understand about. Our honest apologies for not expressing gratitude to earlier.