Hikmah Datangnya Malam dan Hujan

Sahabat…. ada beberapa umat manusia yang kurang bisa mensyukuri apa yang sudah Allah berikan dan turunkan. Kemudian ada juga beberapa umat yang tidak bisa mengambil hikmah dari sebuah kejadian yang bersifat alami dan duniawi. Tetapi banyak juga umat yang bisa mensyukuri dan mengambil hikmah dari kejadian alam tersebut. Saya mencoba untuk mengambil hikmah dari beberapa kejadian alam untuk memotivasi diri saya sendiri, mudah-mudahan juga ini bisa memotivasi sahabat-sahabat juga.

1. Malam “Malam yang gelap akan memberikan kita Pagi yang terang dan sejuk”
Tidak selamanya kehidupan itu selalu terang. Saat kita sedang asyik bekerja tanpa terasa malam pun tiba, bagi sebagian orang dengan tipe pekerja keras dan berjuang untuk hidup, mungkin mejadikan malam sebagai sebuah kejadian yang menyebalkan, merekapun berkata ” Waduh…perkejaan belum selesai, mana dikejar oleh deadline,bisa-bisa dimarah bos ” . Bagi penjual koran mereka juga berkata ” Gimana nih…koran saya ga’ laku lagi, udah malem sih ” dan masih banyak lagi ucapan-ucapan yang mengutuk datangnya malam. Banyak hal yang bisa kita ambil hikmah dari datangnya malam, dan sebenarnya banyak kejadian-kejadian yang mulia yang datangnya di malam hari jika kita mengetahui, seperti dalam firman Allah Dalam QS. Al Hadiid ayat 6 :

Datangnya malam meberikan kesempatan kepada kita untuk mengistirahatkan jiwa dan raga kita, Allah berfirman dalam QS. Al qashash ayat 73 :

Datangnya malam membukakan mata kita bahwa ada keindahan diatas langit sana, lihatlah cahaya bulan, indahnya kedipan bintang gemintang. Allah juga berfirman dalam QS. Al Hijr ayat 16 :

Datangnya malam juga memberikan kesempatan kepada manusia untuk memohon ampunan kepada Allah, Dalam QS. Al Muzzammil ayat 2, Allah berfirman :

Dalam QS. Al Israa’ 78-79 , Allah juga berfirman :

Datangnya malam kemulian dari seribu malam
Dalam QS. Al Qadr ayat 1-5, Allah berfirman :

2. Hujan “Hujan yang turun untuk memberikan pelangi indah kepada kita”
Tidak selamanya kehidupan itu sulit. Hujan juga menjadi bagian kejadian alam yang diberikan Allah, Hujan yang turun untuk menunjukkan beberapa kekuasaan Allah, diataranya adalah munculnya pelangi yang indah. Hujan juga bisa menimbulkan kebaikan dan kehancuran. Tetapi sesungguhnya Hujan selalu mendatangkan hal yang baik, jika menimbulkan hal yang tidak baik seperti banjir, itu adalah buah dari perbuatan manusia itu sendiri dan sebagai peringatan kepada kaum yang dzalim.

Hujan membawa berkah
Dalam QS. Al Baqarah ayat 22, Allah berfirman :

Hujan mensucikan dan menguatkan
Dalam QS. Al Anfaal ayat 11 Allah berfirman:

Hujan sebagai peringatan
Dalam QS. Asy Syu’araa’ ayat 173 Allah berfirman :

Wallahu a’lam bish showab, mohon maaf jika ada kesalahan, semoga bermanfaat untuk kita semua , Amin ya rabbal alamin

14 Responses to Hikmah Datangnya Malam dan Hujan

  1. rajaiblis says:

    knp di bulan puasa ada taraweh ?
    sebetulnya itu sebagai ancang2 buat mereka yg baru belajar sholat malam supaya bisa memohon ampunan.
    namun sayang, habis puasa habis pulah sholat malamnya !
    jangan2 puasanya cuma mendapat lapar dan haus …
    ato bisa jadi tak mampu mengambil ilmu dari adanya taraweh di malam malam bulan puasa …
    padahal … tuhan sangat ingin manusia mendapat kemuliaan saban malam !

  2. Adek says:

    “Sedia payung sebelum hujan” begitu juga dengan ibadah, sebelum Allah memanggil, terlebih dahulu kita harus mempersiapkan diri, karena kita tidak tahu kapan kita akan dipanggill-Nya, bukan begitu Mas🙂

  3. maskoko says:

    $ Rajaiblis
    Mudah2an para sahabat bisa mempertahankan ibadah malamnya🙂

    $adek
    Good🙂

  4. Gelandangan says:

    terima kasih atas pencerahannya
    Salam kenal
    sukses selalu yah

  5. maskoko says:

    $ Gelandangan
    Slam kenal kembali, terimakasih atas kunjungannya🙂

  6. easy says:

    selalu belajar untuk meningkatkan ibadah..

  7. ilham says:

    waaaah.. blog yang menyentuh hati, jarang-jarang ne.. bisa baca blog sambil berwisata hati….😀 oh ya pak dapat PR ne dari saya… mohon dikerjakan http://i-am-gitu-loh.blogspot.com/2008/09/dapat-pr-tapi-bukan-page-rank.html

  8. maskoko says:

    Iya Insya Allah ntar bikin posting itu🙂

  9. annosmile says:

    Sering baca bukunya Harun Yahya ya om
    Bukunya bagus banget😀

  10. rista says:

    makasih banget pagi ini q dah dapat pencerahan, kalau boleh di tambah yang lain lagi ya supaya kita selalu bersyukur

  11. indahnya alam ciptaan ILLAHI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: