Ketek Pelayangan, Ancol, & Taman Tanggo Rajo

Minggu pagi ini saya terbangun lebih awal, ga tau kenapa padahal inikan hari minggu… kesempatan untuk bisa molor😀 . Yah… dari pada saya bengong iseng-iseng saya keluar sambil bawa kamera sekedar ingin merasakan sejuknya pagi di bibir sungai batanghari. Jam 7.00 saya sudah meluncur menuju sasaran, sepanjang jalan masih terasa lengang dari aktifitas masyarakat, sesekali terlihat beberapa orang yang sedang lari pagi. Tidak lebih dari 15 menit saya sudah sampai, suasananya masih sepi, setelah saya memarkir kendaraan pandangan pertama dan selanjutnya berturut-turut yang saya lihat adalah ini :

Ya, ini adalah salah satu pelabuhan penyebrangan yang diberi nama Ketek Pelayangan, lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan WTC Batanghari Mall dan Wisata Ancol. Pelabuhan ini dipergunakan untuk penyebarangan masyarakat kota dan sebrang (sebutan untuk masyarakat di sebrang sungai). Ongkos sekali penyebrangan adalah 2000 rupiah, tetapi harus antri alias menunggu penumpang lain. Jika kita ingin naik sendiri atau carter biayanya berkisar 10.000 rupiah. Sekilas tempat ini mirip dengan penyebarangan di sungai musi Palembang.

Terlihat seorang pemilik kapal ketek yang mununggu penumpang sambil merokok, ada juga yang sambil memperbaiki mesin kapalnya. Dan ini adalah kondisi lalu lintas di tengah sungai dan pelabuhan yang ada di bagian sebrang.

Setelah puas menikmati pinggiran pelabuhan, saya segera naik keatas dan maju sedikit sekitar 20 Meter, dan sekarang saya sudah berada di tempat Wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat terutama di malam hari, yaitu Ancol. Inilah suasana Ancol dipagi hari


Gambar gedung yang satu itu adalah tempat peristirahan gubernur jambi sekaligus perjamuan jika ingin menikmati pemandangan sungai batanghari, karena wisata ancol ini berada tepat di depan rumah dinas gubernur jambi.

Sekarang kita bergeser sedikit sekitar 20 meter dari Ancol, disana ada tempa makan-makan yang diberi nama Taman Tanggo Rajo, enaknya disisi kalao makan malem-malem karena kita bisa langsung berhadapan dengan sungai batanghari.

Yap, itulah perjalan pagi iseng saya selama 1 jam, hasil foto natural seperti aslinya tanpa dipotong dan di edit, hanya diperkecil saja ukurannya🙂 jika malam hari mungkin sudah kena pengaruh sorot lampu yang mungkin bisa terlihat lebih menarik, lain kali nanti saya akan posting suasana dimalam hari.

19 Responses to Ketek Pelayangan, Ancol, & Taman Tanggo Rajo

  1. Rafki RS says:

    Lho di Jambi ada tempat wisata yang namanya Ancol juga rupanya. Baru tahu saya.

  2. maskoko says:

    $ Rafki
    Iya mas rafki, ada ancol juga disini, tapi ga’ seperti Ancol Jakrta🙂

  3. itikkecil says:

    Jambi bersih ya….

  4. maskoko says:

    $Itikkecil
    Lumayanlah🙂 tp karena masih sepi jd kelihatan bersih kali ya :p

  5. Aan says:

    dulu aan pernah kesini, hahaha kelas 1 SD, lah banyak berubah ye(secara sdh lamo nian idak kesano)………

  6. Au' says:

    Emm asli jambi bersih (kelihatannya), sedikit penataan lagi pasti Jambi jd kota yg menarik utk dikunjungi. Hmmm jd pengen jg kesana🙂

  7. maskoko says:

    $ Aan
    eh.. ngapain kesini an ? ada saudara atau kesasar🙂

    $ Au’
    Kl langsung lihat sendiri lebih enak kali ya🙂

  8. rieka says:

    huhu Jambi in the morning, cool!

  9. berapa harga jagung bakar disana sekarang pak?

  10. Jambi punya Batang Hari, Palembang punya Musi, semuanya kekayaan Indonesia, coba lebih di expos lg ya, saiapa tau bisa mendatangkan devisa

  11. maskoko says:

    $ Rieka
    Pasti mbak rika udah pernah kesini ya🙂

    $Sigila Belanja
    3500🙂

    $Mommynya Keiza
    Setuju !

  12. Mas khotop ke Ancol makan jagung bakar dak ngajak2,
    Payah………..Makan dewek-an..
    Sekalian liat – liat cewekkkkkkkkkkkk yoooooooooo….!!!!
    Heheheheheeee…3x

  13. maskoko says:

    Weleh…weleh…. bisa nyasar juga kesini manasye😀

  14. TABRI IDRIS says:

    kembangkan permainan wisata air yang ada ciri khasnya?

  15. ayub says:

    salam knal yo mas….
    aq anak jambi…

    fotonya saat pagi hari hari ya?
    sepi nian
    coba klo sore pasti lagi rame tuch ancol….

  16. tanggorajo says:

    hai mas, judul postingan anda sama dengan judul blog saya http://tanggorajo.wordpress.com.saya baru bikin blog mas jadi saya ingin bertukar link dengan mas kalo diperkenankan, karena kita sama-sama anak jambi.thanks..

  17. tanggorajo says:

    hai mas, judul postingan anda sama dengan judul blog saya http://tanggorajo.wordpress.com saya baru bikin blog mas jadi saya ingin bertukar link dengan mas kalo diperkenankan, karena kita sama-sama anak jambi.thanks..

  18. maskoko says:

    @tanggorajo
    silahkan ….🙂

  19. wongmadure says:

    Dateng tar madure, degik teguk been cong, salam jadi pahlawan
    boat mas koko (mati dulu baru jadi pahlawan imperialis) anda antek anteknya bangsa penjajah.

Leave a Reply

