Pesona Guss Hiddink

Mungkinkah Guss Hiddink melatih Timnas Indonesia ?? melihat catatan kesuksesan pelatih berkebangsaan belanda ini saya sangat menyanjungnya, meskipun belum membawa negara yang di latihnya menjadi juara, tapi paling tidak mampu mengangkat moral dan mental bertarung pemain di lapangan hijau. Sebut saja Korea selatan yang untuk pertama kali dibawa menuju babak Semifinal Worl Cup, Australia setelah 32 tahun menunggu akhirnya mampu menembus World Cup walaupun hanya sampai 16 besar, dan terakhir yang sedang hangat-hangatnya di piala eropa, rusia berhasil dibawanya sampai perempat final setelah sekian tahun selalu gagal di kualifikasi piala eropa.
Bukan bermaksud menyepelekan kualitas pelatih dalam negri, tapi saya masih belum bisa menjawab dan menemukan bentuk kesalahan Timnas Indonesia yang selalu gagal di kualifikasi World Cup. Apakah pelatih yang tidak tepat atau pemain kita yang memang performannya selalu menurun. Timnas Indonesia sudah mencoba kolaborasi, menggunakan pelatih dalam negri, pelatih asing, bahkan menggabungkan 2 pelatih dalam negri dan asing, tapi hasilnya masih kurang memuaskan. Bukan tidak bersyukur tetapi apa salahnya kita menuntut prestasi yang lebih baik lagi mengingat sepakbola ini benar-benar menjadi olahraga paling populer di Indonesia, animo dan kerinduan bangsa untuk bisa merasakan aroma pertandingan kelas dunia masih belum bisa dirasakan, terakhir ajang piala asia menjadi ajang terbaik penampilan punggawa Timnas, setelah itu performa menurun drastis. Saat ini Timnas Indonesia dilatih oleh Benny Dollo, dari hasil uji coba jauh dari memuaskan, tapi saya berharap di akhir nanti ada hasil yang membanggakan dan memuaskan.
Kenapa Indonesia tidak mencoba mencari pelatih berkelas dan berpengalaman menangani timnas yang punya mental juara. Jika yang menjadi alasan adalah dana, saya pikir dengan mengontrak pelatih berkali-kali dengan harga murah tanpa hasil itu jauh lebih menghabiskan dana dibanding kita mengontrak 1 pelatih yang bermental juara seperti Guss Hiddink, Scolari, Zico dll. Jika PSSI mau berfikir kedepan dan lebih maju untuk mempercepat prestasi, tidak ada salahnya PSSI mengontrak Guss Hiddink, selain itu karena dia berkebangsaan Belanda, jadi ada sedikit keterikatan emosional antara Indonesia dan Belanda jika kita menengok sejarah terdahulu. Jika sudah menggunakan pelatih kelas dunia, tetapi Timnas masih juga belum memuaskan, mungkin PSSI bisa mencanangkan program seperti PRIMAVERA dahulu, untuk mencari bibit muda berkualitas, dan saya rasa cukup berhasil program Primavera di Italia dahulu.

Bravo Timnas Indonesia !!

7 Responses to Pesona Guss Hiddink

  1. itikkecil says:

    kalau pengurusnya masih yang sekarang… agak diragukan tuh…

  2. Aan says:

    maaf Pak, Kore itu sampe Semifinal, mereka semifinalis 2002, kalah dengan Turki waktu itu diperebutan tempat ketiga

  3. maskoko says:

    $ Itikkecil
    Ehm…terlalu banyak orang penting yang punya kepentingan yang tidak penting bercokol disana🙂

    $Aan
    Ups…sori salah tulis, makasih an koreksinya🙂

  4. Au' says:

    Mungkinkah Guss Hiddink melatih Timnas Indonesia ??
    Mungkinkah atau Maukah pak? jgn2 dia geleng2 lihat carut marutnya kompetisi lokal kita🙂

  5. maskoko says:

    $ Au’
    Yah…beda2 tipis kali ya😀

  6. Rafki RS says:

    Menurut saya kemungkinannya sangat keciiilllll.
    Alasan:
    Pertama, Guss Hiddink tetap akan mempertimbangkan kariernya. Dengan melatih timnas sekelas Indonesia, kariernya bisa habis.

    Kedua, ketika ditanya sama PSSI masalah honor untuk Guss Hiddink, jawabannya pastilah : Nggak kukuh daaah. Soalnya untuk bayar pemain lokal saja PSSI masih keteteran. Untuk ngajak latih tanding ke Eropa aja, PSSI nggak punya duit. Coba duit darimana?

  7. maskoko says:

    Iya sih, kemungkinan kecilllll bangeeettttttt 😀
    bisa2 didemo mahasiswa, ditengah krisis sempet2nya bayar pelatih mahhhhalll 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: