Leadership Forum

Acara yang seharusnya di geber jam 16.00 ini ternyata mundur menjadi jam 18.30. Ga’ masalah, artinya selama masih ada waktu untuk belajar dan belajar kenapa harus komplain. Akhirnya waktu yang dinanti datang juga, para leader di kumpulkan dalam satu wadah diskusi. Ide untuk membentuk leader forum ini berawal dari pimpinan bersama sang motivator Mr. Cakra yang jauh-jauh dari Jakarta untuk menghadiri forum leader ini. 1,2,3….12 leader sudah berkumpul dalam ruangan lantai 3 gedung manajemen. Forum pun dimulai dengan memutar video motivasi dari Stephen Covey (pengarang buku The 7 Habits) dengan jugul “Goals” . Video lucu nan menggelitik, namun penuh makna didalam rangkaian cerita pendek. Dalam video diceritakan 2 kelompok anak kecil bertanding sepakbola, sementara seorang pelatih terus memberi motivasi dan arahan, namun apadaya, namanya anak kecil bermain sepakbola tujuan mereka hanyalah menendang bola dan masukkan bola kegawang, tak peduli gawang siapa yang penting masuk. Bahkan beberapa anak kecil sibuk dengan kegiatan sendiri tanpa memperdulikan teman yang lain. kurang lebih 15 menit video ini berputar dan sampai pada akhir cerita, kami para leader mencoba mengambil kesimpulan dan makna dari video ini, didapatlah beberapa kesimpulan dari video ini, yaitu :
– Dalam sebuah tim kerja butuh Perencanaan
– Target Harus Jelas
– Skil harus baik
– banyak2 latihan
– Jangan ada Gap Generation
– dll

Pembahasan selanjutnya adalah bagaimana menjadi pemimpin yang efektif, diskusi ini juga melahirkan beberapa tanggapan, yang pad aintinya adalah “Management is to get things done through and with other people”. Kepemimpinan efektif adalah keterampilan manajerial dalam pelaksanaan pekerjaan bersama atau melalui orang lain. Seorang pemimpin diharapkan memiliki kecakapan teknis maupun manajerial yang profesional. Kecakapan teknis sesuai dengan bidangnya sedang kecakapan manajerial menuntut perannya dalam memimpin orang lain. Keterampilan tersebut terpancar dalam tindakannya seperti menyeleksi, mendidik, memotivasi, mengembangkan sampai memutuskan hubungan kerja.

Pembahasan selanjutnya tentang Gaya Kepeminpinan, Seorang pemimpin diharapkan dapat menampilkan gaya kepemimpinan segala situasi tergantung kondisi dan situasi serta kepada bawahan yang mana. Seorang pemimpin yang hanya menampilkan satu macam gaya saja akan kurang efektif. Selain itu diharapkan seorang pemimpin tampil sebagai pemberi ilham dalam masa-masa sulit, sehingga terpancar rasa keyakinan akan atasannya dalam diri para bawahannya.

Tanpa terasa jam sudah menunjukkan pukul 22.00, Forum pun ditutup dan bulan depan akan dilanjutkan kembali, berdasarkan hasil poling via SMS, sudah didapat siapa yang bakal memimpin forum selanjutnya. See you….

3 Responses to Leadership Forum

  1. Mas koko says:

    #B_Back
    Tq mas🙂

  2. igrymmorpg says:

    Novye brauzernye igry poyavlyayutsya kazhdyj den’, odni pohozhi drug na druga, kak dve kapli vody, drugie deystvitel’no unikal’ny i nepovtorimy. Kak vybrat’ tu, kotoraya ponravitsya i stanet priyatnym sposobom skorotat’ svobodnoe vremya? Konechno metodom prob i oshibok, blago protsess registratsii v brauzernyh onlayn igrah ochen’ prost i zanimaet ot sily 1-2 minuty. Zhdem vas na http://znaemvce.ru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: